IMRON HENDRIANSAH Manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat bagi sesama.

Kenali 12 Perbedaan Hard Disk Dan Solid State Drive

3 min read

perbedaan hard disk dan ssd

Perbedaan Hard Disk Dan Solid State Drive -Banyak beberapa perusahaan tehnologi yang tetap meningkatkan risetnya. Tehnologi baru terus banyak muncul bersamaan perubahan jaman. Semua negara berlomba untuk membuat tehnologi kekinian yang lebih mumpuni.

Tanpa kecuali di bagian industri komputerisasi, laptop yang dahulu cuman memiliki penyimpanan penyimpanan cuman 1 Mb saat ini telah dapat sampai 1TB lebih. Contoh lainnya misalkan perubahan penyimpanan laptop saja HDD (Hard Disk) saat ini mulai tergantikan karena ada SSD (Solid State Drive). Artikel ini akan mengulas mengenai Perbedaan Hard Disk Dan Solid State Drive, Simak ya sobatskom.

Perbedaan HDD Dan SSD

   Laptop saat ini umumnya mulai memakai SSD (Solid State Drive) daripada HDD (Har Disk) tentu saja karena kelebihan yang di punyai Solid State Drive yang lebih mumpuni pada bagian performnya. Tetapi ini pun tidak secara penuh mengambil alih Hard Disk umumnya orang akan memakai ke-2 nya, ada pula yang cuman memakai salah satunya.

Lantas Apa Ketidaksamaan HDD Dan SSD ?

   Ada ketidaksamaan fundamental di antara ke-2 nya, satu diantaranya disaksikan dari bentuk saja Hard Disk semakin besar sedang Solid State Drive lebih ramping atau kecil. Karena benar ada beberapa faktor yang memengaruhi satu diantaranya ialah elemen yang di gunakan. Untuk ketahui selanjutnya baca ulasan Perbedaan HDD Dan SSD berikut ini :

Apakah Itu HDD ( Hard Disk) ?

Hard Disk ialah sebuah hardware komputer yang dipakai untuk menaruh data. Dan tersusun dari beberapa elemen seperti dudukan, piringan, motor servo, lainnya dan akuator. Data yang di taruh di hard disk tidak lenyap karena memiliki sifat non-volatile memori meskipun komputer dimatikan.

Apa Itu SSD (Solid State Drive) ?

   Kompak State Drive atau SSD ialah sebuah hardware computer eletronik yang bermanfaat untuk menyimpan data. Dan kontruksinya seperti Usb Flash Disk yang tersusun dari beberapa IC sebagai memory, dan tidak ada elemen yang bergerak dalam dalam nya.

Perbedaan HDD Dan SSD

Perbedaan hdd dan ssd
Image : mencariinspirasi.com

Perbedaan Dari Sisi Langkah Kerja

   Langkah kerja SSD dan HDD sebagai perbedaan paling fundamental ialah komponennya. Bila HDD ( Hard Disk ) yang saat ini kita pakai manfaatkan kombinasi di antara ke-2 mekanisme yakni teknisi dan elektrik sebagai elemen pendukung performa.

Sedang SSD lebih tertuju ke mekanisme full-elektrik tanpa elemen yang bergerak saat komputer lakukan proses penulisan data atau pembacaan data. Kalau dimisalkan, langkah kerja SSD serupa dengan proses data transfer yang umum terjadi pada microSD, RAM, atau USB Flashdisk. Berlainan dengan kerja HDD yang lebih seperti Floppy Disk atau (disket).

Perbedaan Kecepatan Baca Dan Tulis Data

   Berkenaan kecepatan tulis data dapat di bilang SSD lebih baik dibandingkan HDD. Karena SSD sanggup menulis dan membaca data bisa lebih cepat dibandingkan HDD yakni 8x lipatnya. Ini yang membuat pemakai Hard Disk cenderung pilih ganti memakai Solid State Drive. Disaksikan dari performa yang diberikan SSD lebih unggul.

Perbedaan Ukuran Dan Bentuknya

   Ketidaksamaan HDD Dan SSD selanjutnya ialah dari sisi ukuran dan wujud. Hard Disk sendiri mempunyai dimensi ukuran semakin besar dibandingkan SSD yang ramping tentunya. Bila kalian inginkan penyimpanan media yang singkat dan dengan performa SSD jadi bisa opsi pertama.

Perbedaan Di Antara HDD Dan SSD Dari Sisi Elemen

Perbedaan hard disk dan Solid state drive
image : mencariinspirasi.com

   Berlainan dengan Hard disk di mana dalam nya ada elemen yang bergerak berbentuk piringan dan servo, cakram. Solid State Drive (SSD) cuman mempunyai elemen Mikro Chip, Integrated Sirkuit atau (IC), dan beberapa elemen electronic seperti kapasitor sebagai tempat penyimpan arus dan tegangan pada Solid State Drive.

Ukuran Dan Berat

   Elemen yang ada pada Hard Disk, memengaruhi berat dan ukuran pada Hard Disk. Seperti plate, piringan lainnya dan servo. Ukuran HDD sendiri tidak dapat di perkecil seiring berjalannya waktu karena komponenya yang memang lumayan besar sebagai penyimpanan data.

Ukuran SSD yang ada saat ini ialah 2,5 inch, hanya untu pemakaian netbook. Bersamaan kemajuan laptop semakin SSD menyesuaikan ukuran laptop yang ada.

Tidak membpunyai elemen bergerak, SSD ialah opsi terbaik untuk kalian yang ingin efektif secara perform dan ukuran. Untuk netbook/ laptop standard, SSD ada pada tinggi 5 mm dan 7 mm. Lewat perbedaan itu ,dapat di sebutkan Hard Disk ada dalam design standard 7 mm dan 9,5 mm.

Perbedaan HDD dan SSD Dari Sisi Fragmentasi

   Fragmentasi sebagai istilah yang umum dipakai oleh orang untuk menyebutkan satu ruangan kosong yang ada di media penyimpanan. Ini diakibatkan tempat ada adanya penghapusan atau transisi pada data.

Awalannya, proses pengisian file dan media dalam Hard Disk sendiri automatis tersusun rapi dan sama-sama berurut, tetapi kemudian aan amburadul seiring waktu berjalan, apabila keadaan itu terus terjadi mengakibatkan performa HDD akan makin menurun. Itu tidak pernah terjadi pada Solid State Drive (SSD) karena semua data kalian akan diletakkan ke Chip Flash.

Ketahanan

   Dari sisi ketahanan perbedaan ke-2 nya pasti berbeda SSD sendiri mempunyai ketahanan yang lumayan bagus karena design solid state nya, dan bisa bertahan dari benturan, jatuh. Sedang HDD memliki ketahanan yang rawan karena jatuh bisa jadi menghancurkan elemen yang berada di dalamnya.

Perbedaan Harga SSD dan HDD

   Karena masih baru ketidaksamaan harga antara ke-2 nya cukup menguras kantong. Perbedaan HDD dan SSD dari sisi harga dapat di katakan jauh, karena 1 SSD 250 gb saja sama dengan Hard Disk 1tb. Dapat di katakan lumayan mahal, tetapi dipandang dari perform wajar karena apa yang di tawarkan SSD lebih bagus daripada HDD.

Perbedaan HDD dan SSD Dari Performa

   Perbedaan HDD dan SSD seterusnya yaitu dari dampak yang di timbulkan. Hard Disk memiliki suara yang datang dari piringn dan elemen bergerak dalam dalamnya. Sedang untuk Solid State Drive, tidak ada suara karena memanglah tidak memiliki elemen bergerak dalam dalamnya. Jadi SSD tidak berisik seperti HDD.

AtributSSDHDD
SuhuTidak Terasa Karena Sangat Kecil SuhunyaSangat Terasa, Karena Ada Putaran HDD
HargaMahal 3,6-5,2 Per GbMurah, 450- 700 Per Gb
Tingkat Ke Gagalan (MTBF)Mean Time Between Failures 2 Juta JamMean Time Between Failures 1.5 Juta Jam
Kecepatan Membuak File30% Lebih Cepat Dibandin HDDLebih Lambat Dibanding SSD
Efek MagnetisAman Dan Berbagai Efek MagnetisData Dapat Gilang Karena Magnet
SuaraTidak Ada Suara Karena Tida Ada Part BergerakBersuara “Clik” Dan Putaran ter dengar
Kecepatan Mengcopy/Menulis DataRata Rata 200 Mb/S Dan Ada Yang Sampai 2.5 Mb/SBerkisaran 50 -120 Mb/S
GetaranTida Ada Getaran Karena Tidak Ada Yang BergerakAda Getaran Karena Ada Putaran Yang Bergerak
KapasitasRata Rata < 1tb Untuk Laptop Dan <4 Tb Untuk Desktop<2 Tb Untuk Laptop, Max 10 Tb Untuk Desktop
Waktu Boot System Operasi10-13 Detik30-40 Detik
Daya Yang Di Butuhkkan2-3 Watt6-7 Watt

   Nach, di atas sebagai perbedaan HDD dan SSD. Bila kalian memang inginkan performma yang oke SSD jadi jalan keluar terbaik untuk di gunakan. Bila kalian ingin penyimpanan yang besar kalian dapat memakai HDD.

Atau bila kalian ingin perform yang baik dan penyimpanan penyimpanan yang besar kalian dapat mempadukan ke-2 nya memasangkan HDD dan SSD pada satu laptop atau komputer. Dengan begitu semua dapat jalan dengan baik. Opsi masih tetap pada kalian ingin meng up-grade atau memakai salah satunya atau justru ke-2 nya.

Demikian mengenai ketidaksamaan HDD dan SSD mudah-mudahan berguna dan menambahkan pengetahuan untuk kita. Janganlah lupa sharing supaya seluruh orang dapat tahu mengenai Hard Disk dan Solid State Drive ini.

IMRON HENDRIANSAH Manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat bagi sesama.

One Reply to “Kenali 12 Perbedaan Hard Disk Dan Solid State Drive”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright Calon Skom

All Information For You