IMRON HENDRIANSAH Manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat bagi sesama.

Cara Kerja Hard Disk Drive ( HDD), Dan Penjelasan Lengkap

3 min read

Cara Kerja Hard Disk Drive ( HDD)

Cara Kerja Hard Disk Drive ( HDD) -Sebagian orang belum mengenal Hard Disk apalagi bagi yang belum pernah memegang komputer atau juga laptop, pasti jika di tanya Hard Disk tidak akan tau. Bagi kalian yang mempunyai laptop atau komputer sebaliknya tentu kalian tidak asing dengan kata Hard Disk bagaimana cara kerjanya dan juga fungsi Hard Disk itu sendiri.

Karena komponen utama dalam pengoprasian sistem operasi memerlukan penyimpanan yaitu Hard Disk, walau bayak juga sekarang yang lebih menggunakan ssd karena kecepatannya. Hard Disk tidak akan bisa bekerja sendirian tanpa rangkaian yang ada, cara kerja Hard Disk drive akan di jabarkan di bawah ini, subscribe artikel kami untuk mendapatkan informasi yang lainnya tentang teknologi.

Apa Itu Hard Disk ?

Prinsip Kerja Hard Disk Drive ( HDD)

Apa itu harddisk , Hard Disk itu adalah media penyimpanan dalam laptop atau komputer kalau misal komputer tidak ada Hard Disk nya komputer tersebut tidak akan nyala dan Hard Disk itu memiliki sifat nonvolatil memori artinya data yang disimpan pada harddisk tidak akan hilang meskipun komputer mati beda halnya dengan ram kalau ram itu adalah volatil memori artinya data yang disimpan pada ram akan hilang ketika komputer mati.

Jadi pada umumnya Hard Disk berfungsi sebagai tempat sistem pada komputer dan juga sebagai penyimpanan media seperti foto, video, music, dokumen dan juga file file lainya.

Komponen Komponen Hard Disk

Cara Kerja Hard Disk Drive ( HDD)

Chasis

Elemen Chasis ini berperan sebagai tempat / dudukan di mana semua sisi atau elemen dari mekanisme alat itu dibuat menjadi satu unit secara utuh. Ini sama dengan Chasis Harddisk Drive, beberapa bagian atau Part Componentnya dibikin secara utuh menjadi satu unit pada chasis ini dengan mekanisme yang sama sesuai setandar dengan peranan dari Harddisk itu.

Filter

Komponen Filter berfungsi untuk menyaring udara agar debu yang ada tidak menggnggu jalanya Hard Disk.

Platter

Piringan Hard Disk, bagian ini berupa piringan yang di lapis magnetic terdri dari silinder, sektor, track dan cluster maka dari itu dapat menyimpan data atau file.

Motor Drive

Sebuah motor servo yang berperan untuk mengerakan platter pada porosnya, motor servo berikut ini yang menentukan kecepatan pemutaran piringan Hard Disk hingga mencapai beberapa rpm ( Rotasi Per Menit ).

Read Write Head

Sebuah kinerja mekanisme yang bertugas membaca dan menulis data dari atau ke piringan Hard Disk yang akan merubah sinyal magnetic yang ada pada platter menjadi sinyal digit atau sebaliknya.

Acces Arm

Adalah komponen sebuah tungkai yang memegang head. Tungkai ini yang menggerakan head ke seluruh permukaan platter Hard Disk. Begitu sekiranya bagia dari cara kerja harddisk.

Aktuator

Pada Hard Disk ada magnet, magnet ini terdiri dari magnet alam ( Magnet Permanen ) dan magnet buatan ( terjadi adanya arus listrik ), magnet ini yang akan mengatur kecepatan pergerakan head saat baca tulis ketika Hard Disk digunakan.

Controller Head

Suatu komponen yang berbentuk sebuah pengontrol yang dapat mengendalikan head Hard Disk. Agar dapat melakukan baca tulis dan ini memperkuat sinyal yang diberikan head maupun yang diterima oleh head.

Board

Komponen berbentuk Sirkuit elektronik yang mengontrol kinerja pada Hard Disk, serta mendeteksi seluruh konfigurasi pada Hard Disk untuk menentukan kapasitas Hard Disk tersebut maupun yang mengatur lalu lintas keluar masuknya informasi / data data yang diterima atau yang diberikan ke pada Mother Board.

Bios berfungsi untuk menyimpan konfigurasi dasar dari para meter harddisk seperti : kapasitas, landing Zone, jumlah sector, speed ( dalam satuan rpm, jumlah cylinder).

Disk controller

Elemen ini Berperan mengatur setiap komponen-komponen yang ada dalam Hard Disk, dan sebagai bridge atau penyambung di antara satu komponen dengan komponen lainnya. Dan mengatur lalu-lintas data atau program dimulai dari Hard Disk sampai ke i/o peripheral atau kebalikannya.

Cache buffer

Komponen ini berfungsi sebagai media penyimpanan sementara/ sesaat untuk data atau program yang akan atau telah diproses oleh hardisk controller.

Preamp head

Komponen ini untuk memperkuat sinyal konversi yang dihasilkan oleh head pada saat Hard Disk melakukan membaca dan menulis pemukaan platter.

Spindle Motor Controller

Berfungsi mengontrol speed/ kecepatan atau jumlah putaran dari spindle motor ( dalam satuan rpm = rotation per minutes ), speed/ kecepatan yang baik dari putaran spindle motor akan membuat head mengambang diatas permukaan platter.

Hal ini membuat head tidak akan menggores platter pada saat sedang membaca atau menulis platter. Spindle motor juga berfungsi untuk mengatur tekanan udara yang ada dengan slider agar tidak tersentuh dengan platter.

Servo Motor controller

Komponen ini berfungsi mengontrol posisi peletakan head Hard Disk kepermukaan platter pada saat baca tulis data atau program,termasuk juga landing zone terakhir.

I/O Controller

Berperan mengatur semua perintah yang hendak dikirimkan atau diterima oleh harddisk controller, apakah perintah itu dapat segera diproses. Serta dibatalkan atau menunggu gantian sampai instruksi yang sebelumnya sudah selesai diolah oleh Hard Disk.

Cara Kerja Hard Disk Drive

cara kerja hard disk drive

Cara Kerja Hard Disk/ Prinsip Kerja Hard Disk Adalah:

  • Pada saat diaktifkan piringan Hard Disk (platter) berputar di spindle. Perputaran yang standar ialah 5200 rpm – 10000 rpm, sedangkan yang khusus 7200-15000 rpm.
  • Motor spindel akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Mengakibatkan platter tersebut berputar dengan kecepatan sangat tinggi, sedangkan head akan mengambang pada piringan Hard Disk dan head bergerak ke kiri dan ke kanan.
  • Pada saat mengambang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis, yaitu dengan cara spindle motor tersebut akan menggerakkan platter dan mengatur tekanan udara dengan slider agar tidak tersentuh platter, jadi head itu akan membaca data tersebut melalui udara.
  • Pada saat komputer/Hard Disk dimatikan membuat head mendarat /berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone.

Perbedaan Hard Disk dan SSD ( Solid State Drive)

perbedaan hard disk dan ssd

Banyak perbedaan Hard Disk dan ssd, yang perlu kalian tau dari segi performa hingga segi bentuk juga, laptop dulu masih banyak yang menggunakan hdd namun seiring berjalannya waktu sekarang laptop munculan baru malah banyak yang menggunakan ssd karena mememang performa yang diberikan lebih baik dari pada hdd. Lalu apa perbedaan Hard Disk dan ssd ??. Silahkan baca ini : PERBEDAAN HARD DISK DAN JUGA SSD ( SOLID STATE DRIVE).

Begitulah cara kerja Hard Disk dan juga komponen komponen Hard Disk, perlu di ketahui perewatan Hard Disk juga perlu di lakukan untuk menjaga umur jangka panjang Hard Disk bisa di gunakan oleh karena itu penting untuk di jaga. Semoga Bermanfaat.

IMRON HENDRIANSAH Manusia biasa yang mencoba untuk bermanfaat bagi sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© Copyright Calon Skom

All Information For You